Sabtu, 22 Agustus 2009

Konsumerisme di bulan Ramadhan

Ramadhan merupakan moment yang di tunggu-tunggu oleh umat Islam di dunia, karena umat Islam sendiri memiliki keyakinan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan bulan penuh ampunan, dengan memperbanyak ibadah di bulan ramadhan ini akan lebih membuat hidup ibadah kita. Khususnya Indonesia sendiri, di bulan Ramadhan ini ada satu budaya yang melekat di diri manusianya yaitu konsumenisme. Di bulan Ramadhan kebutuhan manusia di kategorikan menjadi 2 macam, kebutuhan manusia yang di maksud ada dua jenis yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani disini adalah kebutuhan hidup atau juga ekonomi manusia, seperti kebutuhan primer, sekunder, tersier sedangkan kebutuhan rohani adalah keimanan dan ketaqwaan terhadap Ajaran Allah.
Di dalam diri masyarakat kedua kebutuhan ini menimbulkan budaya yaitu budaya pasar dan budaya masjid, jika kebutuhan jasmani masuk ke dalam kategori budaya pasar sedangkan kebutuhan rohani masuk ke dalam budaya masjid, dan terbentuk juga sebuah pola di dalam diri manusia tersebut yaitu pola sikap dan pola perilaku. Jika seseorang datang dengan budaya masjid, pola sikap dan perilaku yang akan kita temui adalah alim, santun dan irrasional, sedangkan budaya pasar akan melahirkan suatu sikap dan perilaku yang progresif, rasional dan siap melakukan kompetisi.
Di Indonesia sendiri fungsional dari bulan Ramadhan yang sebenarnya beralih fungsi, kita tahu bahwa di dalam umat Islam fungsi sebenarnya Ramadhan adalah peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT, dimana seharusnya bulan ini berfungsi sebagai waktu ibadah yang paling spesial dan paling di agung-agungkan di dalam diri umat islam, tapi realita yang ada bahwa fungsi Ramadhan berganti menjadi ajang konsumerisme yaitu ajang kompetisi jual beli di pasar meningkat pesat, bukannya ajang mempedalam keimanan dan ketaqwaan.


2 komentar:

elha mengatakan...

good article...
ternyata ide & gagasan kita sama ya..
hehehehe...

ane b'harap kita sll sharing & komunikasi utk hasil yg lebih baik

slm ukhuwah elha
021-92900184 (esia)

http://www.jangankedip.blogspot.com

Fajri mengatakan...

koq temanya mirip yah..jadi dateng dong ntar tanggal 5 di diskusinya solgen..hehehe