Sabtu, 25 Juli 2009

Sampah Cilwung



Apa yang terlintas di kepala anda bila melihat bila sedang lewat melintasi bantaran kali ciliwung, mungkin anda akan melihat seperti photo disamping.
Photo tersebut diambil kira-kira di daerah manggarai, oh iya mengenai sejarah kali ciliwung, yang saya tahu dahulu kala ciliwung itu sangat banyak membantu pemerintah ibukota Jakarta, mengapa tidak?
Soalnya menurut sejarah yang saya ketahui ciliwung itu dijadikan menjadi banyak fungsi, seperti sarana transportasi sungai yang di pergunakan bila orang-orang mengirim barang-barang dari hulu, dan ciliwung juga difungsikan sebagai air minum, untuk mandi, dan lainnya.
Tapi pemandangan ciliwung yang dulu tidak akan kita jumpai lagi, dimana ciliwung sekarang sudah berubah menjadi sungai yang di kerumuni oleh sampah-sampah yang diakibatkan ketidak adanya kesadaran dari masyarakat bantaran kali ciliwung dengan membuang sampah ke kali tersebut.
Keindahan ciliwung juga tidak akan ditemui lagi, yah klo teman-teman pernah menelusuri kali tersebut, yang akan di jumpai disana adalah sampah-sampah yang hanyut akibat masyarakat yang membuang sampah ke kali tersebut.
Memang sudah banyak kesadaran-kesadaran untuk menyelamatkan ciliwung dari kerusakan, tapi kadang kala para sukarelawan ini juga tidak dapat berbuat apa-apa bila tidak ada bantuan dari masyarakat sekitar, mungkin salah satunya pengalaman saya dalam mengarungi ciliwung bersama teman-teman dalam kegiatan bersih-bersih kali ciliwung.

Tidak ada komentar: