Minggu, 26 Juli 2009

Sayangi Bumi Ini

Bumi adalah tempat dimana kita berpijak, tempat dimana kita melakukan kegiatan, tempat dimana kita berpesta, bumi dijadikan sebagai tempat belajar dan banyak yang dilakukan dimuka bumi ini, fungsi bumi terhadap mahluk hidup sangat besar, mungkin tanpa adanya bumi kita tidak akan hidup seperti ini, dan kita tidak akan memiliki tempat tinggal untuk hidup.
Tapi di lain sisi banyaknya manusia-manusia yang ingkar terhadap bumi menyebabkan bumi tergoncang, dimana-mana bencana alam terjadi, kebakaran hutan, polusi udara, penyakit banyak ditemukan, limbah-limbah di buang ke laut, sungai-sungai menjadi kotor, dan banyak ulah-ulah manusia tidak peduli dengan fungsi bumi ini. Banyaknya ulah manusia ini menimbulkan permasalah baru, mungkin kita sudah sering mendengar tentang "Global Warming".
Global Warming merupakan proses peningkatan suhu di bumi ini, yang diakibatkan oleh gas rumah kaca, kebakaran hutan, polusi udara, dan banyak lagi yang menjadi penyebab global warming, dan kejadian-kejadian tersebut adalah tidak lain dari peran serta masyarakat karena tidak adanya kepedulian terhadap bumi ini.
Kita lihat saja di Indonesia, kebakaran hutan di Riau akhir-akhri ini diakibatkan oleh kegiatan-kegiatan manusia yang tidak peduli akan dampak yang akan datang terhadap bumi ini, dan yang paling mengherankan lagi adalah apabila bencana itu menghampiri mereka, mereka akan mempersalahkan itu, padahal salah satu yang berperan penting datangnya bencana ini adalah manusia sendiri.
Oleh karena itu, kita harus mulai mengubah hidup kita agar perbuatan kita ini tidak lagi merusak Bumi. Tentunya kita adalah manusia yang tidak dapat melakukan semua hal. Jadi, kita cukup melakukan perbuatan yang dapat kita lakukan dan tidak perlu memaksakan diri. Jika kita hanya dapat berbuat hal-hal yang sederhana, ya kita lakukan hal sederhana tersebut. Jangan hanya karena hal sederhana yang bis kita lakukan, kita malu untuk melakukannya sehingga kita tidak melakukan apa-apa. Tetapi juga kita harus mengembangkan diri supaya bisa melakukan hal yang lebih besar lagi. Yang terpenting adalah niat dan keikhlasan.
Misalkan pendidikan dini terhadap generasi-generasi muda Indonesia, dengan memberikan pelajaran tentang betapa pentingnya Bumi, dengan menyayangi bumi kita bisa meminimalisir dampak Global Warming terhadap bumi ini.

Tidak ada komentar: